About us


Majalah Sicupak adalah majalah sejarah dan budaya yang diterbitkan oleh komunitas persaudaraan Aceh dan Turki. Terbit dua kali dalam setahun, berisi tulisan sejarah dan budaya khususnya terkait Aceh dan Turki. Majalah ini sebagai wadah bagi peminat sejarah dan budaya untuk merekam jejak, hubungan, sejarah, budaya dan adat Aceh dan Turki serta mudah-mudahan dapat mempererat kembali hubungan Aceh dan Turki yang sudah terbina sejak lebih dari 400 tahun silam.

Majalah ini diterbitkan sejak Januari 2018 dan sampai saat ini sudah memiliki edisi cetak dengan tema edisi pertama "Jejak Turki di Aceh" (56 halaman) dan edisi kedua "Riwayat Manuskrip Aceh". Harga Edisi Cetak @IDR 50.000 ($5). Anda dapat memesan edisi cetak dengan mengirimkan email dan alamat kepada kami ke : sicupakmag@gmail.com.

Majalah Sicupak pernah diundang dan dipamerkan pada International Periodical Fair 2018 di Istanbul, Turki bersama puluhan majalah lainnya perwakilan dari negara Eropa dan Timur Tengah. Momen ini juga kami gunakan sebagai ajang memperkenalkan dan mempromosikan sejarah dan kebudayaan Aceh kepada publik Turki. Selain majalah, kami juga memamerkan buku-buku tentang Aceh dan menyumbang buku-buku tersebut kepada perpustakaan ternama di Turki.

DONASI

Sejak awal penerbitan sampai saat ini majalah Sicupak tidak mengandalkan dana pemerintah dan belum memiliki donatur tetap. Biaya pengelolaan dan penerbitan majalah serta pengelolaan website dilakukan secara sukarela. Bagi Anda yang memiliki kemudahan finansial, kami mengundang Anda menjadi donatur untuk penerbitan majalah dan pengelolaan website. Bagi Anda yang berminat menjadi donatur dapat menghubungi alamat email kami: sicupakmag@gmail.com

Donasi akan digunakan untuk operasional penerbitan majalah seperti editing, terjemahan, layout, sirkulasi, logistik pameran, operasional web dan biaya cetak majalah untuk didistribusikan ke pustaka, sekolah, pesantren dan kampus baik di Aceh dan Turki..


LATAR BELAKANG 

Kesultanan Aceh dan Turki Utsmani telah menjalin hubungan yang sangat erat sejak abad ke-16, dimulai pada masa Sultan 'Alaiddin Riayatsyah Al Qahhar dan Sultan Suleyman Al Qanuni.

Majalah ini hadir untuk merekatkan kembali hubungan antara dua saudara yang sudah lama terpisah, Aceh dan Turki. Melalui majalah ini, kami mencoba merekam kembali, mengumpulkan arsip-arsip dan tulisan tentang Aceh dan Turki agar menjadi pengingat adanya hubungan sejarah dan persaudaraan yang pernah kuat atas dasar ukhuwah Islamiyah antara Aceh dan Turki agar generasi mendatang mengenal sejarah negerinya sendiri, menemukan identitasnya sebagai kedua bangsa besar yang pernah disegani dunia dan pernah menjadi dua kesultanan Islam terbesar dunia.

UNDANGAN

Kami mengundang Anda untuk menulis artikel di majalah ini dengan pilihan Topik : Sejarah Aceh, Sejarah Turki, Budaya di Aceh, Budaya di Turki, Rihlah (Pengalaman Traveling di Aceh atau Turki), Berita/Kegiatan di Aceh atau di Turki, Puisi, Nazam, Hikayat, Foto-Foto lawas atau terkini di Aceh atau Turki.

Anda dapat mengirim berbagai tulisan 800-1000 kata dan dapat dikirim ke email : sicupakmag@gmail.com


TIM REDAKSI

Pembina : Dr. Mawardi Hasan, M.Ed
Penasehat : Badaruddin Ahmad Musa, M.Si
Pemimpin Redaksi : Teuku Farhan
Wakil Pemimpin Redaksi : Darlis Aziz
Sekretaris Redaksi : Muhammad Haykal
Redaktur Pelaksana : Ariful Usman
Editor : Ihan Nurdin
Kontributor : Nawawi, Taufik,
Layout : Muhammad Luthfi, Hafiz Bunayya
Fotografer : Twk. Mohd.Iqbal
Logistik : Muhammad Rafsanjani
Web Master : Agus Ismansyah

Comments